My photo
Saya lahir di kota yang terkenal dengan arak dan tuak, tidak ketinggalan legen dan siwalannya yakni kota Tuban. Sekarang beralih di kota Malang yang dingin untuk menuntut ilmu. Keadaan ini mengharuskan saya belajar sepenuhnya, tidak hanya belajar akademis. Dari awal saya belajar di dunia persilatan (PSHT), lanjut ke bidang freestyle (Malang Motor X-treme), selanjutnya belajar seputar seni bersamaan dengan semua itu saya juga belajar berorganisasi dari HMJ, UKM, BEM-U.

Monday, December 8, 2008

APBN 2009 dimasa Krisis Global

Likuiditas ketat di tengah krisis finansial saat ini dipastikan tidak akan mengganggu neraca pembayaran dan belanja Indonesia. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2009 dapat kepastian dari standby loan (pinjaman siaga) dan bilateral swap arrangement (BSA).

Menkeu dan Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati mengemukakan, fasilitas itu akan menjadi salah satu jaminan kepastian bagi kesinambungan neraca keuangan Indonesia. Pemerintah mendapat komitmen standby loan hingga USD 5 miliar. Antara lain, dari Australia, Jepang, ADB, dan World Bank.

Fasilitas pinjaman itu akan dicairkan atau tidak tergantung dari kebutuhan pemerintah.

Untuk bilateral swap arrangement, pemerintah mencapai kesepakatan dengan Jepang senilai USD 6 miliar, Tiongkok USD 4 miliar, dan Korea Selatan USD 2 miliar. Jumlah itu termasuk Inisiatif Chiang Mai yang saat ini dikaji dan dibahas ASEAN Plus 3.

Menurut dia, pinjaman bilateral menjadi langkah tepat untuk menjamin kepastian pembiayaan APBN. Sebab, mencari dana lewat emisi surat utang dalam kondisi saat ini berisiko. Apalagi, para pelaku pasar juga tengah mengalami krisis likuiditas.

Namun, dia mengakui pemerintah masih mengkaji semua alternatif. Jika emisi obligasi sulit dilakukan, baru standby loan akan dicairkan.

Ekonom Mirza Adityaswara menilai pemerintah memang sebaiknya mengandalkan pinjaman bilateral dan multilateral untuk pembiayaan APBN 2009. Dan sangat riskan menerbitkan surat utang dalam kondisi saat ini.

No comments:

Arsip Terbaru


Copyright 2008 | Blogger Template INDONESIA-KU | Design by Art And Paintings Gallery




Media komunikasi